Memilih Jurusan Pada SBMPTN 2016

STARTEGI MEMILIH JURUSAN DAN MENENTUKAN URUTAN PILIHAN JURUSAN PADA SBMPTN 2016

Ilustrasi-Mahasiswa

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 semakin dekat. Jangan sampai kesalahan dalam memilih jurusan pada SBMPTN 2016 ini membuat anda gagal, jadi perhitungkan dan tentukan sesuai dengan minat dan passion yang anda miliki.

Memilih jurusan kuliah bukan hal yang mudah. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal, karena salah memilih jurusan kuliah akan berdampak besar pada masa depan anda. Namun jangan khawatir, yang kita perlukan hanyalah mengatur strategi yang tepat dalam memilih jurusan.

Sebelum membahas lebih jauh, setidaknya kalian harus tahu terlebih dahulu, aturan-aturan teknik dalam pemilihan jurusan di SBMPTN 2016. Berikut uraiannya :

  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi
  2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  3. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Setelah anda mengetahui aturan teknik dalam pemilihan jurusan pada SBMPTN 2016. Selanjutnya kami akan membongkar bagaimana strategi memilih jurusan pada SBMPTN 2016 ini, agar tidak salah memilih jurusan dan tidak berakibat fatal kedepannya. Berikut 6 cara tepat memilih jurusan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri:

  1. Sesuaikan Cita-Cita

Jika anda telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan kuliah yang anda pilih, apakah berhubungan erat dengan cita-cita anda dan dapat membawa anda menuju profesi yang anda inginkan. Jika berhubungan, maka pilihlah jurusan itu.

  1. Sesuai Minat dan Bakat

Dalam memilih jurusan kuliah, jangan pernah anda memilih jurusan itu karena teman anda atau karena orangtua anda. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda, agar anda dapat lebih mudah mengikuti perkuliahan yang ada.

  1. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi akurat sebanyak mungkin dari jurusan kuliah yang anda pilih, agar anda bisa menjadikan informasi akurat sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menkamisai informasi tentang jurusan kuliah yang akan diambil, jangan juga anda memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan teman.

  1. Andakasi dan Biaya

Mengapa andakasi dan biaya harus anda pertimbangkan? Karena hal ini akan menjadi acuan untuk anda yang perekonomiannya terbatas. Pilihlah kampus yang dekat dengan rumah dan jurusan dengan biaya minim, atau anda bisa memilih andakasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi.

  1. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit, karena biasanya jurusan favorit akan memiliki daya saing yang sangat banyak. Jangan membebani diri anda dengan target berkuliah di jurusan favorit tertentu. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit yang anda pilih. Jika anda sudah bisa memastikannya, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan anda.

  1. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Mengapa peru memperhatikan prospek dan masa depan ketika kita mengambil suatu jurusan kuliah? Ini berfungsi untuk melihat bagaimana prospek pekerjaan anda setelah lulus nanti. Pilihlah jurusan yang memiliki prospek peluang kerja lebih besar kedepannya, agar setelah lulus anda bisa langsung bekerja.

Itulah beberapa startegi dalam memilih jurusan. Sebelumnya kami ingin mengingatkan bahwa waktu pendaftaran SBMPTN 2016 tidak lama. Saran pertama dari kami, jangan daftar di tiga hari terakhir karena trafik ke websitenya akan sangat padat, jadi loadingnya suka lama dan gagal konek ke websitenya. Selain itu, ada kemungkinan tempat ujian juga penuh. Jadi setelah baca artikel ini, coba secepatnya direnungkan, dipertimbangkan, dan segera daftar SBMPTN sebelum trafik ke websitenya keburu padat.

VIDEO TIPS MEMILIH JURUSAN

Mau memilih jurusan apa ya kalau kuliah besok ?

Masih Bingung ?

Masih belum bisa memastikan ?

atau takut salah ambil jurusan yang tidak sesuai potensi diri dan kemapuan..

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu langkah penting dalam kehidupan. Berikut ini kami berikan video rangkuman cara memilih jurusan kuliah dengan benar. semoga dengan artikel di atas dan video berikut anda makin tergambar dan makin mantap dengan jurusannya yang akan anda ambil nanti. jadi, gak kan ada lagi ceritanya kalau anda galau karena jurusan. Yuuk di simak videonya :

STRATEGI MENENTUKAN URUTAN PILIHAN JURUSAN DI SBMPTN 2016

 

Ketika anda sudah mantap dengan pilihan prodi yang mau diambil dan Sudah mengerti sistem seleksi penilaian SBMPTN 2016. Lantas bagaimana cara memilih urutan prodi di SBMPTN? Banyak banget hal yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan-PTN mana yang akan anda jadikan prioritas. Tapi yang akan kami bahas di sini adalah, bagaimana strategi anda dalam mengurutkan pilihan prodi agar memperbesar peluang anda untuk diterima dalam SBMPTN 2016. Berikut ulasannya :

  1. Pertimbangan Keketatan (tingkat persaingan) Jurusan di Suatu PTN

Untuk memperbesar peluang anda untuk dapat lulus SBMPTN 2016, hal yang perlu anda pikirkan pertama-tama adalah tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang anda kehendaki. Sebagai bahan acuan dalam menentukan pilihan, sebenernya panitia sudah menyiapkan data yang cukup untuk dijadikan acuan yaitu data daya tampung dan peminat SBMPTN tahun lalu. Dari kedua data tersebut kita bisa mengukur perkiraan tingkat keketatan suatu jurusan. Maksudnya keketatan di sini adalah, anda membandingkan jumlah peminat tahun lalu, dengan jumlah kuota kursi yang dibuka untuk prodi tersebut. Berdasarkan hal itu, anda bisa memperkirakan hal yang kurang lebih mirip juga akan terjadi pada tahun ini.

  1. Pertimbangan Ketersediaan Jalur Mandiri

Selain keketatan, ketersediaan Jalur Mandiri bisa juga anda jadiin suatu pertimbangan. Cek apakah PTN-PTN yang menyediakan pilihan jurusan yang anda minati membuka peluang seleksi lain atau tidak (Jalur Mandiri). Karena pada beberapa pilihan PTN ada jalur mandirinya, (optional) mungkin ada baiknya, anda bisa lebih fokus ngincer PTN yang gak ada pilihan Ujian Mandiri nya (UM). Untuk kemudian kalian bisa lanjut memperluas peluang dengan ikut Ujian Mandiri (UM) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian incer.

Mengenai biaya kuliah, saat ini banyak PTN telah memberlakukan perlakuan yang sama bagi mahasiswanya yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Namun masih ada beberapa PTN yang memberlakukan lulusan jalur mandiri dengan perlakuan biaya yang lebih mahal dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Oleh karena itu pelajari juga sistem pembiayaan kuliah di jalur mandiri tiap-tiap PTN.

  1. Jangan Asal Milih Jurusan di Pilihan 2 dan 3.

Penilaian SBMPTN dilakukan secara terpusat tidak berdasarkan penilaian masing-masing PTN seperti SNMPTN. Pengaruhnya bagimana jika sistem penilaian terpusat atau berdasarkan masing-masing PTN? Jika berdasarkan masing-masing PTN, maka kemungkinan besar peserta yang memilih jurusan Pilihan 1 akan lebih diprioritaskan untuk diterima seperti seleksi SNMPTN 2015 kemarin.

Akan tetapi, untuk sistem seleksi SBMPTN yang dilakukan secara terpusat, kemungkinan sistem seleksinya akan berbeda. Dalam hal ini, memang tidak pernah ada keterangan sumber resmi tentang sistem penilaian SBMPTN, tapi peluang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III bisa jadi sama besarnya dengan pilihan I. Dalam arti, kompetisi dalam SBMPTN ini kemungkinan tidak akan melihat urutan pilihan 1,2,3 tapi betul-betul murni melihat jumlah score hasil SBMPTN kamu. Hal ini bisa diketahui dari cukup banyaknya peserta yang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sekali lagi, fokuskan pada nilai score SBMPTN anda setinggi-tingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang bener-bener anda minati. Jangan sampai pada akhirnya, anda milih jurusan 2 dan 3 asal supaya senggaknya bisa kuliah. Tapi begitu pengumuman anda diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau tidak. Yakinkan diri anda, kalaupun anda keterima di pilihan 2 atau 3, anda tidak akan menyesal dan anda bakal tetep ambil dan jalanin keputusan anda itu dengan penuh tanggung jawab.

****

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan di SBMPTN 2016 ini dan anda dapat kuliah di jurusan yang anda inginkan.

Salam Sukses !!