PENDAFTARAN ONLINE SBMPTN 2016

1

PROSEDUR DAN CARA MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE SBMPTN 2016

 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SBMPTN merupakan ujian nasional yang bisa anda tempuh untuk dapat masuk di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Bagi anda yang tidak lulus di ujian SNMPTN, jangan khawatir. Karena anda masih berhak untuk mengikuti tahap ujian SBMPTN 2016.

Syarat yang perlu anda perhatikan dan anda penuhi untuk mengikuti tes ujian SBMPTN 2016 ini di antaranya :

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara, yang telah lulus 3 tahun terakhir yaitu 2014, 2015, 2016
  2. Bagi lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi lulusan tahun 2016 dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Jika kita lihat dari kuota penerimaan, SBMPTN tidak sebanding dengan SNMPTN di mana kuota penerimaan SNMPTN lebih banyak dibanding SBMPTN. Tetapi, bukan berarti ujian SBMPTN kalah penting dari SNMPTN. Ujian SBMPTN 2016 bisa dikatakan sebagai kesempatan kedua bagi Anda yang belum mengikuti SNMPTN 2016 atau sudah ikut namun gagal.

Sebelum mengikuti pendaftaran SBMPTN 2016, Anda harus mempersiapkan kelengkapan persyaratan berkas berdasarkan yang telah ditetapkan oleh pihak panitia SBMPTN (bisa dicek di website resmi panitia SBMPTN). Selain berkas, Anda juga tentu diharuskan mempersiapkan pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Anda sudah harus menentukan pilihan ke PTN manakah yang Anda ingin masuki.

TAHAPAN PENDAFTARAN ONLINE SBMPTN 2016

gambar_sbmptn


Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas lain selain dari 
Pendaftaran SBMPTN 2016. Terdapat beberapa cara dan prosedur yang harus dilakukan untuk dapat melakukan pendaftaran yang dibuka secara online. Beberapa cara tersebut akan terangkum dalam pembahasan ini. Dalam hal ini yang harus anda perhatikan adalah mekanisme dan tatacara pendaftaran SBMPTN 2016 serta dalam prosedur pendaftarannya tidak boleh salah, karena calon mahasiswa yang bersangkutan hanya bisa mendaftar satu kali dengan pembayaran juga satu kali.Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN) Sebagai salah satu jalur yang di adakan oleh pemerintah dengan sistem seleksi nasional menjadi satu-satunya jalu masuk ujian tertulis nasional yang tersisa. Memang sih kalian juga bisa mengikuti jalur masuk kampus lainnya dengan beberapa jalur yang telah ada, tapi sedikit berbeda karena selain dua jalur yang telah dibahas tidak ada yang dilakukan secara nasional alias hanya kebijakan kampus untuk jalur masuk lainnya.

Dengan kata lain bahwa pendaftaran SBMPTN 2016 harus sesuai dengan data diri, semua kesalahan tidak bisa ditoleransi jika semua sudah di kirim melalui formulir pendaftaran melalui situs pendaftaran.sbmptn.or.id maka data tidak akan bisa dirubah jadi pastikan pengisian biodata harus benar untuk lebih jelas proses pendaftaran SBMPTN 2016 dapat dilihat dibawah ini :

  1. Selesaikan pembayaran biaya pendaftaran ujian melalui transfer Bank Mandiri, atau ATM Bank Mandiri, atau internet banking Bank Mandiri, atau sms banking Bank Mandiri. Biaya pendaftaran bisa Anda ketahui di website resmi SBMPTN. Setelah pembayaran sukses, Anda akan diberikan KAP dan PIN yang nantinya akan dipakai untuk mendaftar.
  2. Login ke situs pendaftaran Online SBMPTN dengan memakai KAP dan PIN (lihat no.1) dan mengisi biodata sesuai yang diminta dalam form pendaftaran SBMPTN.
  3. Setelah semua sudah diisi silahkan konfirmasi biodata pendaftaran.
  4. Isi Pin dan Kap anda yang sudah diperoleh.
  5. Upload foto anda sesuai dengan ukuran yang tertera pada situs.
  6. Informasi Program studi dapat anda pilih sesuai dengan minat anda.
  7. Jika semuanya sudah selesai, Sebagai langkah terakhir anda juga dapat mencetak kartu peserta yang nantinya akan digunakan untuk mengikuti tes pada waktu yang telah ditetapkan.

Setelah proses pendaftaran sudah dilewati, sekarang tinggal waktunya Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pelaksanaan ujiannya. Jangan lupa, ada beberapa berkas yang perlu dibawa saat pelaksanaan ujian, yaitu :

  • Kartu pengenal bisa berupa KTP atau Kartu Keluarga (KK) Asli
  • Surat keterangan kelulusan dari Sekolah atau SKHU, asli dan legalisir.
  • Bukti pembayaran dan kartu peserta SBMPTN yang telah dicetak dan print out.

Semua itu harus dibawa jika tidak, anda tidak akan di izinkan mengikuti tes ujian SBMPTN 2016. Sebagai catatan, anda harus mengecek 1 hari sebelum tes ke TKP tes mencari tempat duduk dan nomor tes agar besok tidak bingung lagi untuk sudah tau dimana tempat tes.

Berbeda dengan SNMPTN yang hanya mengandalkan nilai prestasi raport Anda di sekolah, di SBMPTN seperti yang kita ketahui bahwa Anda akan dihadapi dengan ujian tertulis alias soal-soal yang perlu Anda jawab.

Setelah membaca dan bisa memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN 2016 serta memahami alur pendaftaran SBMPTN 2016 di atas, selanjutnya kami akan memberikan sedikit informasi tentang pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN 2016.

KETENTUAN PENDAFTARAN PROGRAM BIDIK MISI JALUR SBMPTN 2016

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka calon peserta diharuskan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi seperti ketentuan berikut ini :

  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke situs resmi Bidikmisi, yaitu  http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  2. Setelah mendaftar Bidikmisi dan dinyatakan memenuhi persyaratan maka Calon peserta penerima Bidikmisi akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui alamat sbmptn.or.id tanpa harus membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang telah dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
  5. Silakan baca informasi selengkapnya tentang “Informasi Pendaftaran SBMPTN 2016 Melalui Jalur Bidik Misi”

Semoga informasi di atas padat memberikan manfaat terutama bagi para pendaftar SBMPTN 2016. Jangan lupa belajar untuk mengikuti beberapa tes meliputi, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Pelajaran Umum, dan Tes Jurusan berdasarkan IPA, IPS, atau Bahasa. Semua harus mampu dikerjakan dengan baik jika anda ingin lolos ujian SBMPTN 2016 ini.

Demikianlah informasi mengenai prosedur dan cara melakukan pendaftaran online SBMPTN 2016. Jangan lupa untuk terus update Informasi pengenai SBMPTN 2016. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, kami doakan semoga Anda lulus SBMPTN 2016 sesuai dengan harapan anda di tahun ini. Salam sukses untuk kita semua.