Kiat-kiat lulus SBMPTN 2016

Tes SBMPTN 2016

Kiat-kiat lulus SBMPTN 2016 yang harus anda kuasai !!!

 

SBMPTN adalah ajang pencarian mahasiswa yang mungkin bisa dikatakan pintar atau mungkin beruntung. Yah , ketika mengikuti ujian seleksi ini kita akan sangat bisa merasakan perbedaan atmosfer yang terjadi, rasa gugup, takut tidak lulus, cemas, khawatir akan soal-soal yang sulit dan berbagai emosi yang lainnya.

Dengan persaingan yang superketat dalam SBMPTN, memangkan persaingan diperlukan kerja keras, konsistensi dan strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didaptkan tapi dipastikan kegagalan. Untuk mau bekerja keras mengejar apa yang ingin dicapai, Kamu mesti punya kiatnya:

Kenali Dirimu Sendiri.

Seorang jendral militer dan ahli strategi perang Cina kuno Sun Tsu, menuliskan bagaimana memenangkan peperangan, “Kenali musuh dan kenali dirimu sendiri, dan dalam ratusan peperangan Kamu tidak akan terkalahkan; kalau Kamu hanya mengenali diri sendiri tanpa mengenali musuh , kemungkinan kalah dan menang seimbang; kalau Kamu tidak mengenal musuh dan juga dirimu sendiri, Kamu bisa dipastikan kalah”. Kamu dapat kenali diri sendiri dengan melakukan introspeksi kelebihan dan kekurangan Kamu. Kamu bisa melakukan psikotes untuk mengetahui bakat, minat , termasuk kepribadian kamu. Atau mungkin misalnya kamu ingin mengetahui berapa sih kemampuan akademik yang bisa ku capai ? Maka ikutilah berbagai macam Try Out yang diadakan oleh beberapa kampus, atau mungkin di jejaring sosial.

Buat Target!

Kalau misalnya sampai sekarang pun kamu jika diberikan pertanyaan : “Mau milih jurusan apa nanti ? Pada umumnya banyak sekali yang akan menjawab “masih bingung nih”. Padahal SBMPTN sudah menanti didepan mata, Oleh karena itu, buatlah target dengan membuat keputusan memilih jurusan di  PTN sejak dini, tentunya dalam hal memilih jurusan harus disesusaikan dengan bakat dan minat.

Oh ya, mungkin diantara Kamu banyak sekali yang berharap punya cara cepat (fastest solution) supaya ‘gampang’ dala mengerjakan soal SBMPTN nantinya. Padahal cara tersebut banyak yang menyesatkan, dan sering juga cara cepat tersebut hanya bisa dipakai untuk satu jenis soal saja, sementara soal SBMPTN tiap tahunnya TIDAK pernah sama. Tentu ini akan menambah beban dan membuat kamu kesulitan nantinya. Maka dari itu, mulai sekarang belajarlah konsep dasar dan perkuat dengan kuda-kuda sehingga Kamu akan lebih siap dan matang menghadapi berbagai tipe soal dan seleksi tes PTN apapun.

Hindari Kesalahan Teknis !

Memang sih kelihatannya sepele, kita hanya perlu menghitamkan lembar jawaban. Tapi disini saya ingin menekankan bahwa banyak juga peserta SBMPTN yang gagal hanya karena kesalahan kecil.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan seperti ini.
Pilihlah pensil 2B, serutan pensil penghapus yang berkualitas. Sedapat mungkin hindari menghapus karena proses menghapus yang tidak bersih betul dapat terbaca oleh scanner dan akibatnya fatal.

Ketika menerima lembar jawaban kerja (LJK), perhatikan apakah LJK tersebut kualitasnya baik seperti cetakan jelas, tanpa coretan dan tidak terlipat.
Jangan menghitamkan LJK kalau belum yakin itu sebagai pilihan jawaban yang  tepat. Setiap kali mengisi usahakan periksa kembali data yang kamu isikan, apakah sudah hitam benar , tidak berada dalam satu kolom dengan data lain dan sebagainya.

Jaga Kesehatan!

Selama berjuang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN, jagalah kesehatan Kamu. Usahakan jangan tidur larut malam untuk membuat tubuh tetap sehat. Biasanya, sehari sebelum SBMPTN banyak peserta yang merasa galau, cemas, dan akhirnya membuat kondisi tubuhnya menjadi drop. Tentu hal ini akan merugikan diri kamu sendiri, dan para peserta yang lain justru akan berterimakasih atas hal itu.
Kamu tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ?. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi, olaharaga teratur agar metabolisme tubuh Kamu semakin kuat dan lebih siap lagi dalam menghadapi ujian tulis nanti.

Kuasai Materi SMBPTN !

Ingat ! tidak ada sukses yang bisa dibuat hanya dengan sim salabim, atau dodoli, dodoli pret, atau justru seperti sihir ibut peri yang pernah kita baca pada dongeng ketika kita masih kecil. Semua orang sukses selalu menghadapi proses yang panjang dan melelahkan. Contohnya Thomas Alfa Edison, karena kegigihannya pada percobaan ke 1000 kini kita mampu merasakan cahaya listrik di rumah. Demikian halnya Kamu, Kamu harus berjuang dengan cara menguasasi materi SBMPTN yang sangat sering diujikan. Sedikit contoh materi persamaan kuadrat pada subtes matematika, kamu harus menguasai konsep dasarnya, karena varian soal sangatlah banyak.

 JANGAN LUPA BERDOA!!!

Ketika seorang peserta seleksi PTN sudah mendalami dan menguasai segala hal yang berkaitan dengan SBMPTN, banyak juga yang tidak mengacuhkan hal ini. Mungkin sangatlah sepele tapi perlu kita ingat bersama bahwa kekuatan doa itu bisa kita rasakan dan bisa TERJADI.

Poin kali ini , janganlah lupa untuk berdoa meminta kepintaran kepada-Nya, kesabaran, kecerdasan, serta ketenangan dalam menghadapi ratusan soal yang disuguhkan kepada Kalian. Ingat! Kalian tidak sendiri, Mintalah pada-Nya maka pasti akan diberikan. Jangan berdiri atas keegoisanmu sendiri.

Berikut tips mengerjakan soal SBMPTN yang perlu adik-adik ketahui pada Hari-H.

  1. Datanglah di lokasi SBMPTN 30 menit sebelum diperbolehkan masuk kelas oleh pengawas. Cek ulang perlengkapan alat tulis, kartu peserta dan lain-lainnya. Sempatkan diri ke kamar kecil untuk sekedar cuci muka atau buang air kecil.
  2. Ketika pengawas sudah memperbolehkan Anda masuk kelas, cek terlebih dahulu meja tempat Anda ujian. Bila kotor atau basah, gunakanlah tisu untuk mengelapnya. Siapkan papan tulis kecil untuk menaruh lembar jawaban computer (LJK). Hindari menaruh LJK langsung di atas meja, untuk menghindari LJK kotor atau basah.
  3. Perhatikan selalu petunjuk dari pengawas. Jangan membuka soal dulu sebelum diperbolehkan pengawas.
  4. Berdo’a lah kepada yang Maha Kuasa agar dimudahkan proses Ujian SBMPTN. Semua harus diawali Do’a agar lebih tenang dalam mengerjakan soal-soal Sbmptn tersebut.
  5. Untuk mengerjakan soal Tes kemampuan Dasar (TKD Saintek, Soshum atau Campuran) tergantung jenis ujian yang Anda pilih. Mulailah dari mengerjakan soal yang menurut Anda paling mudah, jangan terus terpaku pada soal yang sulit dan butuh waktu lama mengerjakannya, kerjakan yang mudah baru berlanjut ke soal yang lebih sulit dikerjakan karena anda bermain dengan waktu disini.
  6. Mengerjakan Soal TKPA. TKPA merupakan gabungan soal Tes Kemampuan (Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan Soal Tes Potensi Akademik. Untuk mengerjakan soal TK lakukan dari pelajaran yang lebih mudah dahulu, misalnya bahasa Indonesia, kemudian Bahasa Inggris, dan berlanjut ke Matematika. Atau pilih mata pelajaran yang menurut anda lebih mudah terlebih dahulu untuk dikerjakan.Untuk mengerjakan soal TPA, kerjakan terlebih dahulu soal-soal verbal (padanan kata dan lawan kata), kemudian soal penalaran (termasuk gambar) dan barulah soal kuantitatif. Ingat selalu perhatikan waktu, jangan terlalu lama memutuskan jawaban. Selesai, lalu berlanjut ke soal yang lain.