Farmasi

Program Studi Farmasi merupakan program studi baru yang dibuka pada tahun akademik 2018/2019. Program studi ini merupakan program studi yang mempelajari pengetahuan tentang identifikasi, sintesis, pengembangan, distribusi, terapi dan monitoring penggunaan obat sintesis maupun obat bahan alam.

Program studi farmasi (PSFA) ITERA resmi berdiri pada 19 September 2017 dengan memfokuskan penyelenggaraan pendidikan farmasi pada bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam. Kurikulum program sarjana PSFA ITERA ditempuh melalui proses pembelajaran sebanyak 144 SKS selama 8 semester. Lulusan PSFA ITERA diharapkan mampu mengenal berbagai produk farmasi dan alat kesehatan, berkontribusi aktif dalam penemuan dan pengembangan bahan obat dan sediaan obat tradisional, mengidentifikasi masalah terkait obat seperti dalam penyiapan sediaan, pelayanan produk, dan pemberian informasi, serta melakukan praktik layanan kefarmasian sesuai dengan dasar pharmaceutical care yaitu obat sampai ke penderita dalam keadaan baik, efektif dan aman.

*)Program studi Farmasi ITERA telah dibuka untuk tahun ajaran 2018-2019 (Ujian masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (UM))

Visi Misi Program Studi

VISI
Terselenggaranya pendidikan farmasi yang unggul dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan SDM di bidang Farmasi klinik dan komunitas serta pengembangan potensi bahan alam di sumatera.

MISI
Menyelenggarakan pendidikan farmasi klinik dan komunitas serta pengembangan potensi bahan alam yang unggul, berkualitas dan relevan dengan tuntutan masyarakat serta berdaya saing internasional.
Menyelenggarakan penelitian yang kreatif, inovatif, kompetitif dan berkesinambungan dalam bidang farmasi khususnya untuk pengembangan potensi bahan alam dalam pelayanan kesehatan.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berdayaguna dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi.
Menjalin kemitraan dengan mitra strategis untuk melaksanakan tri dharma dalam lingkup nasional dan internasional, khususnya di Wilayah Sumatera atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan

Lulusan Program Studi Farmasi ITERA diharapkan mampu melakukan praktik layanan kefarmasian (pelayanan produk dan klinik) sesuai dengan asas dan etika pharmaceutical care yaitu obat sampai ke penderita dalam keadaan baik, efektif dan aman disertai informasi yang memadai agar penggunaannya tepat dan mencapai kesembuhan. Mampu berkontribusi aktif dalam mengevaluasi, menginterpretasi dan memberikan solusi pada uji/ penelitian pra-klinik dan klinik. Mampu mengenal berbagai produk farmasi dan alat kesehatan yang diarahkan kepada tujuan layanan prima untuk pasien dan klien. Mampu menguasai ilmu, kemampuan riset, pengembangan diri, dan profesionalitas.

Lulusan juga diharapkan mampu berkontribusi dalam upaya pencarian dan/atau pengembangan bahan obat serta sediaan obat dan obat tradisional yang aman, efektif, stabil dan bermutu. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang terkait obat seperti dalam penyiapan sediaan, pelayanan produk dan pemberian informasi. Mampu menjadi lulusan yang bertanggung jawab, dapat bekerja sama dan beretika.
Untuk dapat mengikuti Program Studi Sarjana Farmasi dengan baik, mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMA Ilmu Pengetahuan Alam. Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan kejuruan jurusan farmasi atau analis kimia dengan prestasi baik juga dapat diterima.

Secara garis besar, Kurikulum Program Studi Sarjana Farmasi terbagi atas dua tahap, yakni:
Tahun Pertama Bersama : 2 semester, 36 sks
Tahap Sarjana : 6 semester, 108 sks
Wajib : 100 sks
Pilihan : 8 sks
Total : 8 semester, 144 sks
Wajib : 136 sks
Pilihan : 8 sks

Staff Pengajar dan Bidang Keahlian
Sudewi Mukaromah Khoirunnisa, M.Sc. Apt.
Research Interest : Pharmacology, Pharmacotherapy, Pharmacoeconomic, Quality Of Life
Atika Dalili Akhmad, M.Sc. Apt.
Research Interest : Pharmaceutical Management, Hospital pharmacy, Clinical Pharmacy.
Nur Adliani, S.Farm., M.Si. Apt
Research Interest : Drug Delivery System and Targeted Therapeutic
Syaikhur Azis, M.Si., Apt
Natural products : Pharmacognocy and Phytochemistry
Dirga, S.Farm., M.Sc., Apt
Research Interest : Clinical Pharmacy, Pharmacology Clinic, Pharmacokinetics.
Irfanianta Arif Setiawan, S.Farm., M.Sc. Apt.
Research Interest : Pharmaceutical Management, Hospital pharmacy, Pharmacoeconomy

Lulusan Program Studi Farmasi ITERA memiliki kesempatan bekerja di farmasi komunitas (apotek), farmasi rumah sakit, instansi pemerintahan (dinas kesehatan, BPOM), industri, riset, pendidikan, dan entrepreneur.