Sains Atmosfir dan Keplanetan

Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (PS SAK) didirikian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 26/KPT/I/2018 Tanggal 10 Januari 2018 merupakan program studi baru di Institut Teknologi Sumatera yang yang akan dibuka pada tahun akademik 2018/2019.

Teknologi dewasa ini telah mencapai era yang disebut dengan “space age” dimana pada era ini, pengembangan keilmuan bertujuan untuk mempelajari segala sesuatu tentang Bumi, sistem tata surya dan alam semesta. Untuk menjawab tantangan ini, PS SAK dibentuk sebagai program studi pertama di Indonesia yang menggabungkan antara sains atmosfer dan astrofisika.
Sains Atmosfer menitikberatkan pada kajian atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi dan atmosfer antariksa jauh yang mempelajari perilaku interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan Planet-planet lain di Tata Surya dalam kajian “Cuaca Antariksa”. Bidang Astronomi mempelajari tentang exoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang dan lintasan orbit benda-benda langit.
*)Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA telah dibuka untuk tahun ajaran 2018-2019 (Ujian masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (UM))

 

Visi Misi Program Studi
VISI
“Menjadi program studi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta berinovasi pada bidang sains atmosfer dan keplanetan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada diwilayah Sumatera dan sekitarnya”

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan terapan dalam bidang meteorologi dan astronomi yang berdaya saing global diimbangi dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan
2. Meningkatkan keilmuan dan apresiasi masyarakat terhadap sains atmosfer dan keplanetan
3. Mengadakan kerja sama dengan pemerintah (pusat dan daerah) maupun badan swasta terkait dalam melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang meteorologi dan astronomi.

DAFTAR SBMPTN

Dengan dibekali dengan keilmuan dasar bidang sains atmosfer dan keplanetan sebagaimana yang telah tertera pada kurikulum, juga dibekali juga dengan pembinaan soft skills yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia sehingga PS SAK diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang riset dan teknologi yang mampu bersaing dengan lulusan – lulusan dari universitas/institut lainnya sehingga peluang pekerjaan untuk lulusan PS-SAK di Indonesia masih sangat besar.
Untuk dapat mengikuti Program Studi Sarjana Sains Atmosfer dan Keplanetan dengan baik, mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMA Ilmu Pengetahuan Alam.
Secara garis besar karakteristik pembelajaran pada program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan berbasis proyek, magang, dan laboratorium, dengan kurikulum 144 SKS dan masa perkuliahan 8 semester yang terbagi atas dua tahap, yaitu:
Tahun Pertama Bersama (TPB) : 2 semester, 36 SKS
Tahap Sarjana : 6 semester, 108 SKS dengan 88 SKS mata kuliah wajib dan 20 SKS mata kuliah pilihan

Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan memiliki fasilitas berupa dua laboratorium utama yaitu:

1. Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL)

2. Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

serta beberapa laboratorium penunjang, diantaranya laboratorium fisika, kimia dan komputer. Laboratorium ini akan digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjang perkuliahan dan penelitian.

Staff Pengajar dan Bidang Keahlian

    • Kemal Maulana Alhasa, S.T., M.Sc., Ph.D.

(Chemical Atmospheric Science , Electrical Instrumentation, Artificial Intelegent)

    • Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si.

(Astronomy Instrumentation and Stellar Physics)

    • Wahyu Sasongko Putro, S.T., M.Sc.

(Space Weather, Natural Hazard Disaster, and Artificial Intelegent)

    • Annisa Novia Indra Putri, S.Si., M.Si.

(Galaxy Physics and Cosmology)

    • Wirid Birastri, S.Si., M.Si.

(Subseasonal to Decadal Climate Variability and Climate Modelling)

    • Nindhita Pratiwi, S.Si., M.Si.

(Satellite Technology and Measurements)

Sektor yang banyak diisi oleh lulusan PS SAK diantaranya adalah:
1. Peneliti (BMKG, BPPT, LAPAN, Perguruan Tinggi Negeri, LIPI, Kementerian Agama dan RISTEK)
2. Staff pengajar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta
3. Analis di bidang pertanian, kelautan, energi, hidrologi, sistem informasi, dan penerbangan
4. Konsultan industri telekomunikasi, satelit, dan sistem navigasi
5. Konsultan IT dan pengembangan perangkat lunak serta pengembangan industri instrumen pengukuran cuaca dan iklim
6. Jurnalisme
.