Teknik Kimia

Program Studi Teknik Kimia merupakan program studi yang mempelajari proses efektifitas dan efisiensi pengolahan bahan mentah menjadi produk.

Teknik kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mengkombinasikan ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi dan matematika untuk menciptakan teknologi baru atau menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan teknologi dengan bekerja sama dengan berbagai bidang keilmuan seperti ilmu material, teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, teknik lingkungan dan lain-lain. Cakupan bidang yang dipelajari di dalam teknik kimia diantaranya proses pembakaran, energi, energi baru dan terbaharukan, bioteknologi, industri makanan, elektronik, material, industri petrokimia, industri semen, pencemaran lingkungan, dan lain-lain. Seorang insinyur kimia dipersiapkan dan mampu untuk merancang, memformulasikan,  dan mengoperasikan pabrik kimia.

*)Program studi Teknik Kimia ITERA telah dibuka untuk tahun ajaran 2018-2019 (Ujian masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (UM))

Visi dan Misi

Visi :
“Menjadi Program Studi Teknik Kimia yang berkualitas & berprestasi secara nasional maupun internasional dengan mengembangkan ilmu pengetahuan & teknologi melalui penelitian yang berbasis potensi lokal Sumatera sehingga dapat memajukan wilayah Sumatera khususnya dan mendukung pembangunan Indonesia.”.

Misi  :
Menyelenggarakan pendidikan tinggi Teknik Kimia yang berbasis student center learning sehingga menghasilkan lulusan yang berkarakter, berjiwa enterprenuer dan berkompetensi kuat di bidang Teknik Kimia.
Melakukan penelitian dasar & terapan yang aplikatif dengan memanfaatkan potensi lokal Sumatera khususnya & Indonesia umumnya secara berkelanjutan.
Memperbaiki kontribusi kepada masyarakat & industri sesuai dengan ilmu pengetahuan & teknologi yang dimiliki untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

 

Program Sarjana Teknik Kimia ITERA dipersiapkan untuk dapat lulus dalam waktu 4 tahun dan harus memiliki kecakapan untuk bekerja dibidang industri proses seperti industri minyak dan gas, industri pupuk, industri makanan, industri farmasi, industri minyak nabati, industri pertambangan, BUMN dan instansi Pemerintah. Selain itu, lulusan Teknik Kimia ITERA harus mampu untuk menjadi wirausaha. Selain dibekali dengan kompentensi menjadi seorang insinyur kimia yang handal, program sarjana Teknik Kimia ITERA membekali mahasiswa dengan softskill pada setiap semester maupun perkuliahan yang bertujuan untuk siap didalam persaingan pada dunia kerja. Kurikulum Teknik Kimia ITERA terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama disebut dengan tahun pertama bersama (TPB) sebanyak 36 sks dan tahap sarjana 108 sks.

Staff Pengajar dan Bidang Keahlian
1. Pramahadi Febriyanto, S.T., M.T.
(Electrochemical and energetic engineering)
2. Amna Citra Farhani, S.TP., M.Sc.
(Eefrigeration and drying technology, optimization and energy efficiency)
3. Edwin Rizki Safitra, S.Si., M.Eng.
(material, environmental research, renewable energy)
4. Didik Supriyadi, S.T., M.Eng.
(chemical process safety, environmental research)
5. Jerry, S.T., M.T.
(Separation, renewable energy)
6. Arysca Wisnu Satria, SST., M.Eng.
(waste treatment, bioprocess engineering, nuclear engineering.)
7. Dr.Eng. Feerzet Achmad
(Natural rubber, Biodegradable plastic, membrane)

Lulusan Sarjana Teknik KImia dapat bekerja di berbagai bidang, baik di sector pemerintahan maupun swasta, antara lain sebagai Supervisor, Manager, dan Direktur dib erbagai Bidang/Jenis Industri. exc: pertambangan, migas, pertanian, industri pangan, petrokimia, farmasi, BUMN, dll