SBMPTN 2016, Pengalaman Terbaik Tak Terlupakan

Lumrah memang ketika kita telah menamatkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Ya, perguruan tinggi. Nah, untuk masuk ke perguruan tinggi ini khususnya Negeri, bukanlah perjuangan yang mudah. Butuh mempersiapkan mental dan fisik.

Sebetulnya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN tidak jauh berbeda dengan ujian pada umumnya. Hanya saja, beberapa peserta akan mengalami kondisi yang tidak biasa. Seperti kurang PeDe, nerveous atau takut. Mengapa ini bisa terjadi? Ya, ini terjadi salah satunya adalah memang karena kondisi atau situasi yang tidak biasa. Jika dalam ujian di sekolah misalnya, peserta menganggap biasa dengan pengawasnya. Karena para pengawas adalah guru mereka sendir. Sedangkan di SBMPTN, pengawasnya adalah orang baru, orang yang tidak mereka kenal. Maka dari itu, perasaan takut, tidak PeDe dan lainnya yang dapat mengganggu dalam mengerjakan soal-soal saat tes SMBPTN.

Hal ini juga dilatarbelakangi oleh tes SBMPTN merupakan tes pertama dan bisa jadi yang terakhir kali. Karena ketika telah diterima di PTN yang dimaksud, maka biasanypeserta tidak mau lagi mengikuti tes SBMPTN. Kecuali dengan alasan tertentu, misalnya pindah Perguruan Tinggi.

Nah, untuk itu maka jadikan tes SBMPTN kami bermakna dan berarti. Maksudnya adalah persiapkan diri kamu untuk menghadapinya. Lalu apa saja yang sebaiknya dipersiapkan untuk menghadapi SBMPTN ini? Berikut ini, penulis akan bagikan beberapa hal yang penulis lakukan dalam menghadapi tes SBMPTN.

1. Persiapkan Otak

Mempersiapkan otak di sini dimaksudkan bahwa lakukan latihan dalam menjawab soal-soal tes. Soal-soal tes dapat diperoleh di beberapa toko buku. Kerjakan sebanyak mungkin yang kamu bisa. Kemudian sempatkan pula menganalisanya. Tujuan menganalisa ini adalah untuk memahami tipikal dari soal yang diberikan. Dengan adanya proses analisa ini, dapat mengasah kejelian kita jika muncul soal yang sama dengan angka atau kasus yang berbeda. Sehingga proses pengerjaan pun akan menjadi lebih cepat dibandingkan kita hanya menerka menggunakan sembarang rumus.

Untuk persiapan tes SBMPTN ini, beberapa bimbingan belajar pun menyediakan fasilitas untuk membimbing kamu agar lulus tes. Sebagai kompensasinya yah ada biaya yang harus dibayarkan. Akan tetapi, dengan mengikuti program bimbingan belajar akan membuat kamu semakin fokus dan semakin lincah nanti saat tes berlangsung. Selain itu, kamu mendapat bimibingan jika terjadi kesulitan saat mengerjakan soal-soal latihan.

Penulis, secara pribadi saat itu tidak menggunakan layanan bimbingan belajar untuk lulus tes SBMPTN. Namun, mempersering latihan secara mandiri. Meskipun kadang agak membosankan, namun dengan belajar mandiri dapat melatih mental serta membuat diri kita tidak begitu ketergantungan jika menemui soal yang sulit.

2. Persiapkan Nutris

Ini juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Nutrisi. Upayakan kamu tidak telat makan di masa-masa menjelang tes. Tujuannya agar tubuh kamu tetap fit menjelang, saat dan pasca tes SBMPTN. Selain itu, pastikan kamu sarapan saat akan mengerjakan soal tes. Ini penting! Mengingat ketika mengerjakan soal, otak membutuhkan suplai energi berupa bahan makanan saat memproses soal hingga keluarlah sebuah jawaban. Maka, jangan sepelekan soal sarapan. Terlebih lagi saat menjelang tes, apapun jenis tes yang akan kamu ikuti.

3. Survey Lokasi H-1 SBMPTN

Survey lokasi, juga tidak kalah penting. Panitia SBMPTN umumnya telah memberikan peta lokasi ujian maksimal H-1 sebelum tes berlangsung. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada peserta tempat duduk serta lokasi yang digunakan peserta. Sehingga saat hari-H tes berlangsung, peserta sudah memiliki acuan kemana ia harus menuju lokasi tes. Karena memang tes SBMPTN bukan tes biasa, melibatkan ribuan peserta.

4. Cari penginapan yang dekat dengan lokasi tes

Peserta SBMPTN yang jumlahnya mencapai ribuan, umumnya mereka berasal dari berbagai daerah. Maka, saat menjelang tes, mereka akan mencari tempat singgah sementara atau penginapan. Nah, ketika mencari penginapan usahakan tempat penginapan yang mudah diakses oleh kendaraan umum ataupun bisa mencapai lokasi dengan berjalan kaki.

Lho, kenapa musti berjalan kaki? Karena pada jam-jam menjelang tes berlangsung, bisa dipastikan jalan utama menuju lokasi tes mengalami kemacetan yang luar biasa. Ini disebabkan gelombang kedatangan peserta secara bersamaan. Maka, satu-satunya kendaraan yang paling aman untuk menuju lokasi tes adalah dengan berjalan kaki.

5. Cukup Istirahat saat tes

H-3 tes SBMPTN, cukupkan istirahatmu. Mengapa? Karena kamu akan menghadapi hari yang sangat menentukan, menentukan masa depanmu. Apakah kamu akan terpilih di perguruan tinggi favorit kamu atau tidak. Maka, pastikan saat tes, kondisi tubuhmu dalam keadaan segar dan fit. Kondisi tubuh yang lelah atau kurang fit, dapat mempengaruhi kinerja otak kamu saat mengerjakan soal-soal. So, cara sederhananya adalah dengan mencukupkan istirahat terutama istirahat malam.

6. Persiapkan tools

Malam hari menjelang tes SBMPTN berlangsung, pastikan semua peralatan untuk bertempur telah siap. Mulai dari alat tulis, nomor ujian serta perlengkapan lain yang kamu nilai dibutuhkan saat tes berlangsung. Mempersiapkan tools ini akan lebih baik jika di malam hari. Karena pada kondisi ini, waktu masih luang serta kondisi tubuh masih bisa fokus jika harus mencari tools yang terselip hilang atau harus dibeli.

7. Pasrahkan dengan Yang Maha Kuasa

Pastikan, doa terbaikmu telah kamu sampaikan kepada Yang Maha Kuasa. Ini penting untuk menjaga kondisi psikologis kamu. Membuat rasa nyaman dan aman ketika mengerjakan soal tes SBMPTN. Tes yang kamu ikuti hanyalah sebuah proses dan yang menentukan hasil dari proses tersebut adalah kuasaNya. Maka persiapkan dan panjatkan doa terbaikmu sebelum dan sesudah tes berlangsung, agar kamu lolos SBMTPN dengan nilai terbaik

 

Dengan 7 persiapan SBMPTN ini, kamu akan merasa bahwa tes SBMPTN 2016 bukanlah ajang tes biasa. Namun sebagai pengalaman yang tak terlupakan sepanjang hidupmu. Selamat berjuang di SBMPTN 2016, pastikan kamu mengikutinya dengan performa yang terbaik.

 

selengkapnya tentang SBMPTN 2016

(hen)