HAL PENTING YANG HARUS ANDA KETAHUI DAN WAJIB ANDA PERHATIKAN SEBAGAI PESERTA SNMPTN

Pendaftaran untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2016 telah dibuka mulai senin 29 februari 2016. Diharapkan kepada peserta untuk tidak melewati setiap tahapan yang telah ditetapkan. Banyak hal yang harus diperhatikan secara seksama. Jika tak teliti akibatnya bisa saja jadi gagal dalam SNMPTN

Pengetahuan juga menjadi faktor utama bagi peserta SNMPTN 2016. Dengan pengetahuan yang banyak, peserta diharapkan sanggup mengikuti proses dengan baik. Pengetahuan pada SNMPTN terdiri dari perihal yang konseptual sampai yang teknis. Dua hal tersebut sama-sama utama agar pendaftaran berlangsung tidak mengalami kendala.

            Berikut hal penting yang harus anda ketahui dan wajib anda perhatikan sebagai peserta SNMPTN :

  1. Nilai Rapor Menjadi Penentu Penting

Penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat peserta SNMPTN diterima. SNMPTN tidak memakai seleksi tertulis. Penilaian kepada calon mahasiswa dilakukan dengan nilai rapor dan nilai ujian nasional. Nilai rapor yang dipakai ialah nilai sejak semester 1 hingga semester 5.

Penilaian ini lebih fair. Lantaran, panitia melaksanakan penilaian dengan cara komprehensif selagi mereka menuntut ilmu. Itu berarti, siswa mesti menjaga konsistensi prestasi akademiknya sejak masuk SMA.

  1. Piagam Penghargaan Dinilai

Apabila anda mempunyai prestasi di bagian seni atau olahraga, anda butuh upload sertifikat ketika mendaftar SNMPTN. Panitia dapat menghitung bobot prestasi nonakademik tersebut dalam proses seleksi. Tetapi, tak seluruh piagam dipercaya. Piagam atau sertifikat prestasi yang dipercaya yakni yang cocok jurusan studi anda.

  1. Pastikan Nilaimu Terinput di PDSS

SNMPTN 2016 mempunyai wewenang diikuti oleh siswa yang mempunyai NISN dan nilainya terinput di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Ini syarat penting. Jika nilaimu tak terbaca di PDSS, automatis anda tak sanggup mendaftar.

  1. Sesudah Terinput, Anda Mesti Validadi PDSS

Seterusnya, anda mesti pastikan apabila nilai yang terinput yaitu benar. Untuk tentukan itu, anda mesti menonton dan selanjutnya memvalidasinya. Bila anda tak jalankan validasi, system dengan cara automatic dapat bakal memvalidasi nilaimu.

Biar mampu memvalidasi nilai, sekolah bakal berikan anda semacam pasword utk membuka PDSS. Janganlah lupa diteliti. Jika ada yang keliru, sampaikan pada kepala sekolah.

  1. Tak Ada Biaya Apa pun

Semua proses SNMPTN, sejak pengisian PDSS hingga pengumuman hasil, tidaklah dikenakan biaya sedikitpun.

  1. Universitas tidak mau Menjadi Pilihan Kedua?

Ketika lakukan seleksi, universitas dapat memprioritaskan siswa yang sungguh-sungguh mau kuliah di kampusnya. Artinya, universitas bakal memprioritaskan siswa yang menjadikan kampusnya yang merupakan pilihan mula-mula. Oleh sebab itu, anda mesti pastikan menjadikan universitas idamanmu ada kepada pilihan perdana.

  1. Bisa Kuliah Gratis, Tidak Dengan Biaya Sepeser pun

Yang menarik, bila orang tuamu kurang dapat membiayai kuliah, sekarang sedia beasiswa Bidikmisi. Dengan beasiswa ini, anda dapat kuliah tidak dengan biaya sepeserpun. Pengajuan Bidikmisi tak mempengaruhi kesempatan lulus SNMPTN. Artinya, kelulusan SNMPTN murni ditentukan oleh nilai. Adapun seleksi Bidikmisi, murni dilakukan berdasarkan kekuatan eknomi orang tua.

Lalu, bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan akan melakukan verifikasi data ekonomi. kunjungan ke alamat tinggal peserta SNMPTN untuk mendapatkan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa juga dilakukan.

  1. Waspada Bila Ada Penipu

Hati-hati, walaupun SNMPTN dilakukan dengan cara online, masihlah saja ada orang yang nekat mengaku mampu menopang. Bila ada orang yang mengaku demikian, itu tentu penipu. Lantaran itu, jangan sampai lekas yakin. Laporkan saja terhadap polisi atau panitia SNMPTN setempat.

  1. Tak Lulus, Tetap Ada SBMPTN

Jikalau hasilnya anda tak lulus SNMPTN, itu bukan berarti harapanmu untuk kuliah di perguruan tinggi negara pupus. Anda dapat coba lagi memalui jalur Seleksi Dengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Bedanya, dalam SBMPTN, anda mesti membayar sebanyak uang waktu mendaftar. Anda serta butuh lakukan tes tertulis.

            Demikian lah hal penting yang harus anda ketahui dan wajib anda perhatikan sebagai peserta SNMPTN. Dengan memperhatikan ketentuan yang ada, kiranya memberikan peluang besar untuk anda lolos dalam seleksi SNMPTN ini.

(ADz)